cara membedakan madu asli dan palsu

Cara membedakan madu asli dan palsu –  Kita semua tentu sudah pernah merasakan madu. Bentuknya adalah cair namun kental. Didalamnya mengandung gula yang tentu rasanya sangat lah manis. Walaupun manis, namun madu menyehatkan, karena kandungan manis ada dalam madu berbeda dengan kandungan yang ada pada gula tebu. Jika gula di hasilkan dari tebu, madu dihasilkan dari lebah yang meninggalkan madunya pada sarangnya.

Banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita rutin meminum madu. Yang paling utama adalah untuk kesehatan tubuh ,kebugaran dan daya tahan tubuh agar lebih meningkat. Cairan ini kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, serta terdapat banyak kalori yang bagus bagi kita yang sering beraktifitas. Selain itu salah satu manfaat dari madu yang paling menonjol adalah bahwa madu bisa menjadi antibiotik, serta berguna untuk obat yang sangat mujarab.

Karena alasan diatas itulah yang menjadikan madu menjadi salah satu produk yang banyak di cari cari oleh masyarakat yang menginginkan hidup sehat. Kebanyakan yang membutuhkannya adalah golongang umur 25 keatas, bahkan anak muda pun gemar meminumnya. Itulah mengapa banyak produsen yang nakal untuk membuat ramuan yang serupa dengan madu, agar dia mendapat keuntungan berlebih dari penjualan madu. Alhasil banyaklah madu palsu yang beredar dipasaran yang tentu kualitasnya sangat berbeda dengan madu asli.

cara membedakan madu asli dan palsu?

 

Mari kita ulas lebih lanjut bagaimana cara membedakan madu asli dan madu palsu. Madu palsu biasanya adalah madu asli yang sudah dicampur dengan zat lain, dan dibuat sedemikin rupa sehingga rasanya mirip madu. Tentu ini akan merugikan pihak konsumen yang menginginkan madu yang murni.

 

Jika kita lihat di internet, banyak sekali artikel – artikel  yang menyesatkan tentang cara membedakan madu asli dan madu asli. Penjual madu palsu sekarang lebih cerdik untuk membuat agar madu yang dia palsukan menyerupai dengan madu asli.

Beberapa mitos yang digunakan sebagai cara membedakan madu asli dan palsu

  • Madu asli disemutin atau tidak? Ini tidak lah benar. Kita tahu bahwa Semut sangat suka dengan bahan yang mempunyai rasa manis. Bahkan sarang madu pun terbukti di kerubungi olah semut. Pada dasarnya cairan madu adalah cairan yang kental yang didalamnya terdapat gula ( fruktosa, glukosa  , air dan sakarosa) . Untuk komposisinya adalah 20% air dan 80% madu. Dengan demikian tidak ada alasan semut tidak menyukai cairan madu.
  • Apakah Madu asli dapat terbakar jika di bakar ? Karakter dari madu adalah bisa mengalami proses Dan dari fermentasi itu menghasilkan alkohol dan dan juga gas CO2. Sedangkan kita tahu bahwa Alkohol merupakan cairan yang mudah terbakar. Namun beda halnya jika madu memiliki kadar air yang sangat rendah. Ini bisa menekan kadar alkohol yang ada didalamnya. Sehingga madu tersebut tidak akan mudah terbakar. Ini dapat di simpulkan bahwa cara menguji madu dengan cara membakarnya adalah bukan cara yang valid.
  • Madu yang asli tidak akan menjadi beku jika di letakkan di freezer. Cara yang satu ini juga belum tentu 100% akurat . Ada beberapa jenis madu seperti madu randu dan madu rambutan adalah jenis madu yang tidak menggumpal jika di masukkan fresher. Sedangkan madu kaliandra akan mudah sekali membeku / mengkristal.  Sehingga ini tidak bisa dijadikan bukti atau cara untuk mengecek keaslian madu.
  • Kuning telur akan menjadi matang jika dimasukkan ke dalam madu. Tahukah anda bahwa Yang  terjadi sebenarnya  adalah penggumpalan atau bisa disebut Koagulasi. Hal ini adalah dikarenakan madu mempunyai sifat asam sedangkan kita tahu bahwa kuning telur adalah protein. Di dalam hukumkimia , protein yang  menjadi satu  dengan larutan bersifat asam akan menjadikan gumpalan. Sehingga  ini tidak valid. Madu palsu pun jika ditambahkan zat atau larutan yang bersifat asam akan memiliki karakteristik yang sama.
  • Apakah madu yang menimbulkan letupan adalah merupakan madu yang benar benar asli? Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena mungkin asli, namun  mungkin juga palsu. Ini dikarenakan karena madu yang mempunya kadar air di atas 20% atau madu yang kurang kental akan cepat mengalami proses fermentasi. Hasil dari  fermentasi akan dihasilakn suat guas gas CO2 yang mampu membuat kemasan mengeluarkan gas. Kalau dibuka akan berbunyi “jos” Seperti ketika kita membuka minuman bersoda.  Akan tetapi jika madu mempunyai kadar air yang tidak banyak, atau madu memiliki kadar kental, maka ini akan memperlambat jalanya proses fermentasi.
  • Mitos bahwa Madu yang asli tidak akan pernah  merembes apabila dituangkan pada kertas Koran. Inilah yang sering di tonjolkan oleh banyak pedagang madu palsu. Ini tidaklah 100% benar, karena ini berkaitan dengan kadar air yang ada dalam madu. Jika musih panas madu akan cenderung kental, dan tidak tembus pada koran. Begitu pula sebaliknya, pada musih hujan madu akan lebih encer. Madu palsu bisa juga dikentalkan dengan pengental, sehingga madu  palsu itu tidak akan tembus koran.
  • Madu asli jika dituang dan digoyang dalam piring berisi air akan membentuk segi enam? Ini tidak lah 100% akurat , karena madu yang telah dicampur dengan gula dan sirup juga akan memiliki karakter yang sama, dan bisa membentuk segi enam pula.

 

Cara yang benar membedakan madu asli dan palsu.

Cara yang paling ideal dan tepat untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan cara menuangkan madu dalam gelas berisi air putih. Jika cairan tidak keruh dan madu tetap mengental tanpa menimbulkan busa, maka itu merupakan madu asli. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video dibawah ini.

 

No comments

Leave a Reply