Jenis jenis Madu lebah yang Perlu Anda Ketahui

Jenis jenis MaduKita mengenal Jenis jenis Madu sebagai bahan untuk campuran makanan/ masakan, untuk obat-obatan, berguna untuk kesehatan dan kecantikan dan lain sebagainya yang penting dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Selain itu madu juga memiliki banyak ragam dan jenis, namun itu semua tergantung dari sumber bunga yang dihisap oleh lebah dan juga habitat dimana mreka tinggal. Sebab madu menghisap dari bunga yang bukan satu jenis saja, tapi ratusan jenis bahkan mungkin ribuan jenis. Dari berbagai jenis bunga tersebutlah tingkat rasa, warna, tekstur maupun manfaat didalam madu menjadi berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Bahkan untuk sekedar mengelompokkan jenis-jenis madu tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab Jenis jenis Madu ada banyak sekali.

Bahkan para ilmuan sampai sekarang belum tahu persis apa yang menyebabkan perbedaan warna pada setiap Jenis jenis Madu. Namun warna pada Jenis jenis Madu tersebut juga mengikuti dengan sumber bunga yang dihisap oleh para lebah.Yang terpenting adalah Jenis jenis Madu tersebut adalah hasil alam yang sangat bermanfaat dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Dibeberapa negara, madu sering dicampur agar kandungan air yang ada didalam madu bisa diubah dan juga untuk mengubah warna pada madu tersebut. Tidak sedikit pula perusahaan makanan, obat-obatan dan kecantikan yang menggunakan Jenis jenis Madu sebagai bahan campuran untuk produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Obat herbal seperti jamu sudah sejak lama menggunakan berbagai Jenis jenis Madu sebagai pelengkap agar khasiat jamu tersebut semakin bertambah. Saat ini pun sudah banyak salon-salon kecantikan atau spa kecantikan mengggunakan madu sebagai lulur, scrub yang dioleskan pada wajah dan tubuh supaya kulit mereka awet muda, kencang, kenyal, cerah dan segar kembali. Wah, ternyata banyak sekali kegunaan madu bagi manusia selain hanya dikonsumsi saja.

Jenis jenis Madu berdasarkan sumber nectar beserta penjelasannya.

  • Madu campuran adalah campuran dari dua atau beberapa jenis madu yang berbeda satu dengan yang lain baik itu dari rasa, warna, tekstur maupun tempat dan juga asal bunga sumber madu tersebut. Negara produsen madu terbesar saat ini adalah negara Cina, kemudian disusul oleh negara Amerika Serikat, lalu Argentina , Turki, Meksiko, Ukraina dan India.
  • Madu Monoflora adalah madu yang dihasilkan dari satu jenis bunga saja. Madu ini dihasilkan oleh lebah madudari nectar-nectar yang terdapat pada bunga. Rasa dari madu ini tergantung pada jenis bunga apa yang dihisap oleh para lebah
  • Madu Porlifloraatau Madu Multiflora adalah madu yang dihasilkan dari nektar-nectar bunga yang berasal dari berbagai macam bunga atau dari beberapa jenis bunga. Madu jenis ini rasanya lebih beragam dan manfaatnya pu lebih banyak karena sumber madu yang lebih dari satu macam
  • Madu Embun(honey dew) adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dari cairan yang mirip madu berwujud sekresi serangga tertentu yang kerap ditemukan pada tumbuh-tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga atau dari getah pada tanaman yang dikonsumsi oleh serangga yang lain. Contohnya seperti getah dari pohon pinus yang juga menambah khasiat pada madu tersebut.
  • Madu Ekstrafloraadalah madu yang dihasilkan dan berasal dari nectar non flora atau yang bukan berasal dari bunga. Biasanya madu ini terdapat diluar bunga seperti pada daun, kelopak bunga atau batang bunga.

Kemudian jenis madu berdasarkan sumber madu yang dihasilkan oleh lebah madu dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Madu Hutan Liar adalah madu yang diperoleh dan dihasilkan oleh lebah-lebah yang hidup dialam liar yang berjenis Apis Dorsata. Lebah ini terdapat dihutan-hutan, digunung dan tempat-tempat lain tanpa campur tangan manusia sama sekali. Kualitas madu yang dihasilkan oleh para lebah ini adalah yang terbaik sebab mereka menghisap berbagai nectar dari bunga yang ada dialam yang mana tanaman tersebut masih alami. Namun madu ini semakin sulit diperoleh dan juga mahal harganya karena madu ini masih mencari dari alam yang keberadaannya sulit ditemukan dan juga tempat yang sulit dijangkau oleh manusia.
  2. Madu Ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan atau ditangkarkan dengan sengaja oleh manusia dengan jenis madu seperti Apis meliferra, Apis cerana dan Apis trigona. Untuk madu ternak ini, madu yang dihasilkan hanya berasal dari nectar bunga dari beberapa jenis bunga saja. Maka dari itu kandungan senyawa yang terkandung didalamnya tidak sebanyak yang ada pada madu hutan liar. Meskipun begitu madu ternak ini juga berkhasiat bagi kesehatan dan pemeliharaan bagi tubuh manusia. Madu ini memiliki bermacam merk dan harganya juga cukup terjangkau.

Jenis madu juga kebanyakan diberi nama sesuai dengan tempat asal daerah madu itu dihasilkan seperti : Madu Sumbawa yang berasal dari pulau sumbawa, Madu Sumatera, Madu Kalimantan, Madu Ambon, Madu Papua, dll. Ada juga penamaan jenis madu sesuai dengan asal negara, suku dan lain-lain seperti ; Madu Yaman sebab berasal dari negara yaman, Madu Arab, Madu Turki, Madu Badui karena di panen oleh orang badui dan lain-lain.

Penamaan Jenis jenis Madu ada juga yang diambil dari nama asal nektar madu atau nama asal bunga dari tanaman tersebut. Contohnya seperti :

  1. Madu Bunga Karet
  2. Madu Bunga Kapuk (Randu)
  3. Madu Bunga Klengkeng
  4. Madu Bunga Kaliandra
  5. Madu Bunga Jambu Mede
  6. Madu Bunga Sonokeling
  7. Madu Bunga Kopi
  8. Madu Bunga Jambu air
  9. Madu Bunga Durian
  • Madu Bunga Apel
  • Madu Bunga Mangga
  • Madu Bunga Rambutan
  • Madu Bunga Mahoni
  • Madu bunga cengkeh, dll

 

Itulah beberapa jenis madu dan juga sedikit penjelasan mengenai madu tersebut. Namun apapun jenis madu tersebut, madu yang asli tetap bermanfaat bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua.

No comments

Leave a Reply